Jumat, 11 Mei 2012

Beginilah Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

okezone.com
Mencuci tangan adalah hal penting yang harus selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus mencuci tangan teratur sebeluma makan dan sesudah buang air, supaya kuman penyakit yang menenpel di tangan tidak masuk ke dalam tubuh kita. Mencuci tangan pun tidak boleh sembarangan, melainkan harus benar dan saksama. Tapi sebelum membahas lebih lanjut tentang mencuci tangan dengan benar, berikut ini adalah pengertian mencuci tangan:


Menurut DEPKES 2007, mencuci tangan adalah proses yang secara mekanismelepaskan kotoran dan debris dari kulit tangan dengan menggunakan sabun biasa dan air. Tujuan mencuci tangan menurut DEPKES 2007 adalah merupakan salah satu unsur pencegahan penularan infeksi.

Mencuci tangan pun harus menggunakan air bersih dan mengalir. Air yang bersih yang layak digunakan untuk cuci tangan tentunya adalah air yang jernih, tidak berbau dan tidak berwarna. Ada banyak sekali standar kesehatan mengenai air bersih terutama yang berhubungan dengan air minum dan untuk kesehatan, termasuk di dalamnya air yang bebas mikroorganisme, bahan kimia, dan bahan radioaktif. Namun untuk keperluan mencuci tangan bagi masyarakat awam, maka cukup digunakan kriteria yang disebutkan yakni jernih, tidak berwarna dan tidak berbau.

Dengan mencuci tangan di air mengalir, maka kotoran dan kuman akan hanyut terbawa air. Jadi mulai sekarang bila kita makan di rumah makan atau di warung makan yang ada wastafelnya, sebaiknya cuci tangan di wastafel walaupun di sediakan mangkuk tempat mencuci tangan di meja. Karena air di mangkuk cuci tangan tidak mengalir, sehingga bakteri dan virus tetap tergenang di air dan dapat menempel kembali ke tangan saat cuci tangan.

Cuci tangan sebaiknya dilakukan menggunakan sabun, baik berupa sabun padat maupun cair.
Karena sabun dapat membantu proses pelepasan kotoran dan kuman yang menempel di permukaan luar kulit tangan dan kuku. Dengan mencuci tangan yang benar menggunakan sabun maka kotoran dan kuman akan terangkat dan dapat membantu mengurangi resiko terinfeksi penyakit.

Nah, setelah dijelaskan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan saat mencuci tangan, kita lanjutkan dengan pembahasan mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar. Badan kesehatan dunia, WHO pada tahun 2005 mengeluarkan pesan kesehatan untuk mencuci tangan dengan 7 langkah. Namun dalam pelaksanaannya, di bidang kesehatan ada yang mengembangkan dari 7 langkah menjadi 10 langkah. 

Inilah 7 langkah mencuci tangan dengan baik dan benar:


Dengan pengembangan dari langkah-langkah di atas, inilah 10 langkah mencuci tangan dengan sabun dan air:







2 komentar:

  1. Jadi ingat iklan sabun di tv sob
    " berani kotor itu baik " :D
    makasih atas ulasanya :)

    BalasHapus